Friday 2 August 2013

Rusia Lindungi pembocor Intelegent AS


Usai sudah drama persembunyian Edward Snowden di Bandara Internasional Sheremetyevo, Moskow. Setelah lebih dari lima pekan, pembocor rahasia intelijen AS itu bisa keluar dari bandara. Dia diberikan izin tinggal di Rusia selama satu tahun. Itu merupakan waktu yang cukup bagi Snowden untuk sementara waktu menghindar dari kejaran aparat hukum AS, yang ingin menangkapnya atas kasus spionase dan pencurian data pemerintah AS.

Tidak sampai sejam setelah Snowden bebas menjejakkan kaki di Rusia, pihak berwenang, media, dan pebisnis setempat menjuluki dia "pahlawan" atau "seorang bintang," ungkap The Daily Beast. Semuanya tampak disediakan untuk Snowden.

Beberapa warga Moskow bahkan menyarankan Snowden agar menjadi figur publik dan menerima tawaran nikah dari Anna Chapman, perempuan cantik yang diusir dari AS tiga tahun lalu setelah dituduh menjadi mata-mata Rusia. Warga lain menyarankan Snowden untuk terus menghindar dari pantauan media dan membantu Rusia memperbaiki sistem keamanan.
    
"Snowden itu seorang pakar tingkat tinggi dan saya sudah menerima surat-surat dari sejumlah perusahaan dan warga yang ingin memberi dia pekerjaan. Dia tidak akan punya masalah," kata Kucherena.

No comments: