Wednesday 17 June 2015

Ramadhan 1436 H


Marhaban Ya Ramadhan...

Alhamdulillah telah dipertemukan lagi denganmu. Istimewanya puasa, maka untuk menyambutnya lakukan ibadah dengan sebaik mungkin. Jaga hawa nafsu, emosi, amarah dan tak lupa lakukan amalan - amalan sunnah. Amalan sunnah tersebut seperti sholat tarawih, perbanyak tadarus al-Quran dan berzakat.

Puasa merupakan ibadah paling istimewa. Kenapa?

Kesatu: Ibadah puasa hanya diwajibkan kepada orang yang beriman sebagaimana dalam firman-Nya: "Hai orang - orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada umat - umat sebelum kamu agar kamu bertaqwa".
Kedua: Ibadah puasa adalah ibadah yang paling fleksibel. Ibadah ini dapat dilakukan dengan berdiri, duduk maupun tidur. Berbeda dengan ibadah lainnya seperti shalat yang harus dalam keadaan sadar. Sedangkan dalam puasa, tidurnya orang puasa adalah ibadah.
Ketiga: Pahala yang akan didapatkan apabila kita berpuasa dibulan ini sama halnya dengan kita berpuasa selama satu tahun apabila dilengkapi dengan puasa 6 hari dibulan syawal. Hal tersebut dikarenakan, orang yang berpuasa 1 hari, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa 10 hari. bagaimana dengan 36 hari? Pasti anda sudah dapat menghitungnya sendiri.

Selain keistimewaan tersebut ada keistimewaan lainnya dalam kesehatan, psikologis dan segi ekonomis. Mungkin dapat kita sambung lagi.

Salam Santai
Nurdin ZA

No comments: